Radiasi Benda Hitam

February 11, 2013
Benda hitam (black body) dalam bahasa fisika adalah obyek yang menyerap seluruh radiasi elektromagnetik yang jatuh kepadanya dan tidak ada radiasi yang dapat keluar atau dipantulkannya. Istilah benda hitam ini, pertama kali diperkenalkan oleh fisikawan Belanda, yang bernama Gustav Robert Kirchhoff pada tahun 1862. Istilah benda hitam (black body) tidaklah harus merupakan benda yang benar-benar hitam. Hal ini disebabkan karena benda tersebut juga memancarkan cahaya/gelombang yang warna cahayanya tergantung pada suhu/temperatur benda tersebut. Semakin tinggi suhu benda tersebut, radiasi yang dipancarkannya akan mendekati radiasi cahaya tampak, mulai dari merah, jingga, kuning, hijau, dan seterusnya. Dari hasil
Radiasi Benda Hitam Radiasi Benda Hitam Reviewed by Sastra Project on February 11, 2013 Rating: 5

Komputer/Laptop Gulung

February 11, 2013
Desain komputer adalah seni menghasilkan komputer menurut spesifIkasi biaya dan kinerja yang berdaya saing. Arsitektur komputer adalah seni membuat spesifikasi teknologi yang berlaku sepanjang beberapa generasi. Arsitektur komputer harus melihat perkembangan untuk masa kedepan dan memvisualisasikan dengan teknologi masa depan, agar dapat menciptakan mesin atau komputer yang dapat mengikuti perubaahan teknologi dengan baik. Maka arsitektur komputer akan berkembang dengan perlahan dan dengan tersusun yang rapi, yang kemudian akan terbentuk pada beberapa tahun kemudian. Hari ketika teknologi sudah melampau apa yang beberapa tahun lalu dibayangkan banyak orang sepertinya akan segera
Komputer/Laptop Gulung Komputer/Laptop Gulung Reviewed by Sastra Project on February 11, 2013 Rating: 5

Contact Admin Media Funi@

February 09, 2013
^_* SELAMAT DATANG DI MEDIA FUNI@ -_^

MediaFuni@ merupakan website yang berisikan informasi-informasi dan tips trick Seputar dunia Sains, Pendidikan, Kesehatan, Tuntunan Hidup, dan Hiburan. Selain itu, MediaFuni@ juga menyediakan Makalah-makalah, soal-soal, dll, yang bisa didownload secara gratis via Scribd. Konten-konten yang ada disini dapat dilihat secara lengkap pada DAFTAR ISI/SITE MAP yang terdapat pada Bagian BAWAH blog (Widget paling bawah yang berlatar hitam).

Jika ada yang ditanyakan//request//memasang iklan, seputar Konten yang ada disini, dapat menghubungi Contact berikut

Facebook > [https://www.facebook.com/media.funia]
Line ID    > sastramilanisti
Email       > Siberianhusky1412@gmail.com

^ Everything Might Be Interesting ^

Contact Admin Media Funi@ Contact Admin Media Funi@ Reviewed by Sastra Project on February 09, 2013 Rating: 5

Konsep Belajar dan Proses Belajar

February 05, 2013
Belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk seperti berubah pengetahuan, pemahaman, sikap atau tingkah laku, keterampilan, kecakapan, dan kebiasaan. Pandangan para ahli tentang aktivitas belajar cukup beragam, hal ini terlihat dari definisi belajar yang diungkapkannya. Sudjana (1996) mengemukakan bahwa belajar merupakan suatu perubahan yang relatif permanen dalam suatu kecenderungan tingkah laku sebagai hasil dari praktik atau latihan. Slameto (2003) juga menyatakan bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku
Konsep Belajar dan Proses Belajar Konsep Belajar dan Proses Belajar Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Model Pembelajaran Berbasis Proyek

February 05, 2013
Pembelajaran berbasis proyek adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan oleh siswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu secara kolaboratif, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan. Pelaksanaan proyek dilakukan secara kolaboratif dan inovatif, unik, yang berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan kehidupan siswa. Pembelajaran berbasis proyek merupakan bagian dari metoda instruksional yang berpusat pada pebelajar. Model ini sebagai ganti penggunaan suatu model pembelajaran yang masih bersifat teacher-centered yang
Model Pembelajaran Berbasis Proyek Model Pembelajaran Berbasis Proyek Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan miskonsepsi

February 05, 2013
Pengetahuan awal memegang peranan penting dalam membangun pemahaman terhadap suatu objek yang dipelajari dan mempermudah proses pembelajaran serta mengarahkan hasil-hasil belajar lebih baik. Siswa yang memiliki pengetahuan awal yang cocok dengan pengetahuan baru yang diperoleh dalam pembelajaran yang sedang berlangsung, maka proses pembelajaran akan berjalan lancar, tetapi apabila pengetahuan awal yang dimiliki mahasiswa tidak cocok dengan pengetahuan barunya, maka akan terjadi miskonsepsi dan inilah yang menjadi penghambat pembelajaran (Artanayasa, 2008). Menurut Sadia (2004) sebagian besar pengetahuan awal siswa masih bersifat miskonsepsi. Karena itulah, menurut Ausumbel (dalam Sadia, 2004)
Hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan miskonsepsi Hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan miskonsepsi Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Model Pembelajaran Experiential (Experiential Learning)

February 05, 2013
Model pembelajaran Experiential merupakan sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada teori Kolb, yaitu merupakan proses dimana pengetahuan terkonstruksi melalui transformasi pengalaman. Belajar dari pengalaman mencakup keterkaitan antara berbuat (the doing) dan berpikir (the thinking). Menurut Kolb & Kolb (2005), tujuan teori pembelajaran konstruktivis sosial Vygotsky sejalan dengan pengembangan model pembelajaran Experiential. Seseorang akan belajar jauh lebih baik lewat keterlibatannya secara aktif dalam proses belajar. Menurut Vygotsky, konstruksi pengetahuan fisik dan logiko matematis bersifat inter-individualistik. Proses konstruksi pengetahuan lewat pengalaman tidak dapat terjadi pda ruang lingkup yang kosong.
Model Pembelajaran Experiential (Experiential Learning) Model Pembelajaran Experiential (Experiential Learning) Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Hakikat Pendidikan IPA (Sains)

February 05, 2013
Sains pada hakikatnya memiliki dua dimensi yaitu sains sebagai produk dan sains sebagai proses (Dantes et al., 2006). Sains sebagai produk merupakan kumpulan pengetahuan yang meliputi fenomena-fenomena, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum-hukum dan teori-teori. Sebagai proses, sains merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memperoleh pengetahuan atau mencari penjelasan mengenai gejala-gejala alam. Melalui pendidikan sains logika berpikir siswa menjadi sistematis terarah dalam memandang alam lingkungannya, mengidentifikasi masalah yang ada serta pemecahannya (Suastra, 2002). Sains sebagai produk dan sains sebagai proses merupakan dua dimensi yang terjalin erat sebagai satu
Hakikat Pendidikan IPA (Sains) Hakikat Pendidikan IPA (Sains) Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Kemampuan Pemecahan Masalah

February 05, 2013
Pemecahan masalah adalah suatu kegiatan investigasi di mana solver mengembangkan suatu solusi untuk memecahkan suatu permasalahan (Selçuk et al., 2008). Pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pendidikan sains. Memecahkan masalah-masalah sains merupakan aspek penting di sekolah karena pemecahan masalah digunakan untuk membelajarkan siswa dalam menerapkan pengetahuan sains dan kemampuan yang mereka peroleh dalam proses pembelajaran (Portoles dan Sanjose, 2008). Serway dan Beichner (dalam Selçuk et al., 2008), menyarankan agar guru mampu mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan pada siswa. Pemecahan masalah pada umumnya
Kemampuan Pemecahan Masalah Kemampuan Pemecahan Masalah Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering)

February 05, 2013
Dalam pengajaran kontekstual ada sebuah model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran kontekstual REACT (Crawford, 2001) Model pembelajaran kontekstual REACT ini terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) relating (mengaitkan), (2) experiencing (mengalami), (3) applying (menerapkan), (4) cooperating (bekerjasama), dan (5) transferring (memindahkan)
Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Reviewed by Sastra Project on February 05, 2013 Rating: 5

Beberapa Struktur Kristal (Fisika Zat Padat)

February 04, 2013
Sebuah padatan dengan mata telanjang tampak sebagai benda tegar yang kontinu. Akan tetapi hasil eksperimen telah menunjukkan bahwa semua padatan disusun oleh satuan dasar dari atom-ataom yang brsifat diskrit. Atom-atom tersebut tidak terdistribusi secara random tetapi tersusun dalam susunan yang sangat teratur relatif terhadap atom-atom yang lain. Susunan dari kelompok atom-atom yang memeliki keteraturan sangat tinggi tersebut disebut kristal. Terdapat beberapa jenis struktur kristal bergantung pada geometri dari susunan atom-atomnya. Pengetahuan tentang struktur kristal dalam Fisika Zat Padat menjadi sangat penting karena struktur kristal mempengaruhi sifst-sifst fisika dari padatan
Beberapa Struktur Kristal (Fisika Zat Padat) Beberapa Struktur Kristal (Fisika Zat Padat) Reviewed by Sastra Project on February 04, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.