Model Pembelajaran Partisipatori

June 10, 2015
Model pembelajaran partisipatori merupakan model pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk berekspresi sesuai minat dan bakatnya dalam pembelajaran. Dalam model pembelajaran partisipatori, siswa menempatkan dirinya dalam suatu peran yang aktif dalam pembelajaran (Ajiboye & Ajitoni, 2008). Siswa memiliki keleluasaan yang sangat besar dalam mengembangkan kemampuannya baik dalam menemukan masalah, mencari informasi, dan merekonstruksi informasi sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Ciri khas model pembelajaran ini adalah student centered yang artinya siswa atau peserta didik memiliki kebutuhan belajar, memahami teknik-teknik belajar, dan berperilaku belajar. Tugas guru dalam model pembelajaran ini adalah untuk mengarahkan siswa serta menjadi fasilitator dan mediator bagi siswa pada saat siswa mengalami kesulitan dalam merekonstruksi informasi (Barak & Shakhman, 2008).
Model Pembelajaran Partisipatori Model Pembelajaran Partisipatori Reviewed by Sastra Project on June 10, 2015 Rating: 5

Model Pembelajaran Learning objects

June 10, 2015
Model learning objects merupakan pembelajaran yang menggunakan objek berupa benda, gambar, dan fenomena alam sebagai sumber belajar (Wiley, 2000). Media yang digunakan sebagai sumber belajar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar mengajar lebih bermakna. Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menemukan konsepnya sendiri (Cochrane, 2004). Model learning objects juga merupakan proses pembelajaran yang interaktif yang menuntut adanya eksplorasi, penyelidikan, membangun solusi dan menggeser pembelajaran dari pembelajaran menggunakan hafalan menjadi pembelajaran yang menghubungkan suatu konsep dengan fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari (Kay & Knaack, 2005).
Model Pembelajaran Learning objects Model Pembelajaran Learning objects Reviewed by Sastra Project on June 10, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.