Science Experiment: Membuat Cahaya Putih

Halo sobat, Bulan Maret ini didaerah saya yaitu Bali khususnya Singaraja banyak sekali liburnya. Bulan ini banyak hari raya, jadi libur panjang deh, hehe. Sangat menguntungkan banyak libur karena saya bisa lebih banyak memposting artikel. Nah, kali ini saya akan share cara cara membuat cahaya putih. Apa sebenarnya warna putih itu? dan apakah warna putih itu benar-benar warna? Ini pertanyaan muncul berkali-kali dan kita susah untuk menjawabnya. Dalam percobaan ini kita akan mengeksplorasi apa warna putih itu dan bagaimana menciptakannya dengan menggunakan beberapa lembar plastik dan tiga senter.

Putih adalah representasi pencampuran warna Proyeksi tumpang tindih lampu yang warna dasar merah, hijau, dan biru (RGB) bergabung untuk membentuk warna putih pada intensitas yang tepat. Dengan kata lain, untuk membentuk warna putih, kita perlu mengkombinasikan lampu merah, hijau dan biru dalam pola tumpang tindih dan pada rangkaian yang benar. Okeh kita langsung saja bereksperiment!

Bahan-bahan diperlukan:
- 3 senter dengan ukuran yang sama dan intensitas cahayanya sama
- plastik merah
- plastik hijau
- plastik biru
- selotip

Langkah Kerja:

1. Pasang plastik merah di atas senter pertama dengan menggunakan selotip.
2. Pasang plastik biru di atas senter pertama dengan menggunakan selotip.
3. Pasang plastik hijau di atas senter pertama dengan menggunakan selotip.
4. Nyalakan senter
5. Tempatkan senter di atas meja, sekitar 4 inci terpisah dan arahkan sinar ketiga senter tersebut ke dinding putih.
6. tahap ini dibutuhkan kesabaran. Atur senter sehingga cahaya dari masing-masing senter tumpang tindih. Cara termudah untuk mencapai hal ini adalah dengan menempatkan lampu senter pusat pada kotak (gunakan acuan atau batas).
7. Bila Anda akhirnya memiliki warna yang tumpang tindih, lihat secara dekat ke dinding. Apa yang Anda lihat?

Gambar dalam gambar dibawah akan membantu Anda untuk memvisualisasikan pola yang dihasilkan yang akan muncul di dinding ketika anda menempatkan senter dengan benar. Gunakan gambar dibawah untuk membantu memandu Anda dalam menempatkan senter dalam pola yang sesuai.

Lihatlah dari dekat pola di dinding. Dapatkah Anda melihat sesuatu yang menarik? Lihatlah warna tumpang tindih dari sudut cahaya masing-masing. Apa yang dapat Anda peroleh dari pola?

Ketika percobaan dilakukan dengan benar, Anda akan melihat sebuah pusat putih dan tiga lingkaran sekitarnya dari berbagai warna. Intensitas penuh dari semua tiga warna memberikan warna putih.

Warna merah muda dihasilkan ketika tumpang tindih biru dengan merah disebut magenta. Warna yang dihasilkan ketika tumpang tindih hijau dengan biru disebut cyan. Warna yang dihasilkan ketika tumpang tindih merah dengan hijau disebut Kuning. Magenta, cyan dan kuning (CYMK, di mana K adalah hitam) yang dikenal sebagai warna subtraktif.
Selamat Mencoba ^_^
Science Experiment: Membuat Cahaya Putih Science Experiment: Membuat Cahaya Putih Reviewed by Sastra Project on March 14, 2013 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.