Sikap siswa terhadap mata pelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar mereka (Abbas et al., 2011). Sikap peserta didik dapat berpengaruh pada motivasi, minat, dan keberhasilan peserta didik itu sendiri. Namun hasil belajar banyak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor intern yang perlu diperhatikan dari pribadi individu itu sendiri. Faktor-faktor itu antara lain: 1) Intelegensi. Intelegensi tiap-tiap orang berbeda-beda, karena itu hasil belajar seseorang yang tak sama. Intelegensi adalah suatu kemampuan untuk mengadakan penyesuaian yang lebih baik terhadap situasi yang baru dari pengalaman yang lalu. Intelegensi juga merupakan kemampuan untuk berfikir secara abstrak. Berdasarkan uraian tersebut maka pengertian intelegensi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menghadapai suatu masalah yang timbul dari manusia dan berusaha bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.
2) Percaya Terhadap Diri Sendiri. Percaya terhadap diri sendiri hendaknya didasarkan pada apa yang dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Seorang peserta didik dan yakin akan kemampuan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dalam usaha belajarnya.
Faktor selanjutnya yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor eksternal, yaitu antara lain:
1) Lingkungan. Lingkungan adalah semua kondisi dalam lingkungan di sekeliling siswa yang dengan cara-cara tertentu dapat mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Peranan lingkungan dalam diri siswa perlu adanya kontrol bagaimana pengaruh dan akibatnya terhadap kemajuan hasil belajar yang didapat siswa. Apabila bersifat positif bisa ditanggapi akan tetapi apabila bersifat negatif harus dihindarkan.
2) Tingkat pendidikan orang tua. Peranan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anaknya. Peranan keluarga sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan. Oleh karena itu sejak timbulnya adat kemanusiaan hingga kini keluarga selalu mempengaruhi pertumbuhan budi pekerti tiap-tiap manusia. Jelaslah bahwa pendidikan berperan mengarahkan hidup manusia yang lebih baik dan kemungkinan besar dapat mempengaruhi pendidikan anaknya.
3) Pergaulan. Sebagai mahluk sosial tidak lepas dari manusia yang satu dengan manusia yang lain. Oleh karenanya seorang siswa memiliki teman dalam bergaul yang berperan dalam diri siswa yang berkaitan dengan belajar. Jika bergaul dengan seorang berpendidikan dapat menunjang suatu prestasi yang baik, tetapi sebaliknya jika bergaul dengan orang yang tidak berpendidikan mengakibatkan pengaruh yang kurang baik dalam pelajarannya.
4) Sarana Belajar. Sarana belajar merupakan peranan yang penting terhadap kemajuan belajar seorang siswa. Adanya kelengkapan belajar tersebut dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang akan dicapai siswa.
Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar
Reviewed by Sastra Project
on
July 26, 2013
Rating:
ReplyDeleteThank you, your article is very good
viagra asli
cialis asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
toko viagra jakarta
jual viagra jakarta
agen viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
jual viagra
toko viagra
agen viagra
cialis jakarta
cialis asli jakarta
titan gel asli
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
viagra cod jakarta
obat viagra jakarta
obat viagra asli
viagra usa
viagra original
obat viagra
obat kuat viagra
jual cialis
toko cialis
obat cialis
obat cialis asli
obat kuat cialis
obat cialis jakarta
toko cialis jakarta
jual cialis jakarta
agen cialis jakarta
toko titan gel
jual titan gel
vitamale asli
permen soloco asli
maxman asli
vimax asli
viagra
titan gel
hammer of thor
hammer of thor asli
hammer of thor jakarta
hammer of thor asli jakarta