ELEKTROMAGNETIK

      Listrik magnet memiliki peran sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap aktivitas manusia mulai dari kehidupan rumah tangga, sektor industri hingga alat komunikasi tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan listrik magnet.Adanya listrik magnet dalam kehidupan tentu sangat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas.Misalkan mendengarkan berbagai informasi leawat radio dan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya meski dalam jarak yang sangat jauh. Di abad 21 ini begitu banyak gelombang yang diceritakan, dipelajari, dan ditelaah.
Sebut saja gelombang radio dan gelombang mikro,yang merupakan jenis dari gelombang elektromagnetik.Pada beberapa film fiksi ilmiah sering pula disebutkan tentang EMP yangmerupakan singkatan dari Electro Magnetic Pulse atau gelombang elektromagnetik.Dikisahkan disana gelombang elektromagnetik dapat mematikan benda-bendaelektronik dalam radius berkilo-kilometer hasil dari ledakan nuklir.Lain lagi halnya dalam dunia kedokteran.Istilah gelombang elektromagnetik lebih dekat dengan sinar X, yaitu untuk memotret memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah, serta mendiagnosis penyakit.
      Teori mengenai RL berhubungan dengan rangkaian parameter tergumpal (lumped-parameter), yang terdiri dari komponen-2 listrik berupa resistor, induktor dan kapasitor.Variabel utama dari system yang ditinjau adalah tegangan (V) dan arus (I).Untuk rangkaian arus searah (DC), variabel dan tegangan berinilai konstan dan hukum yang mengatur perilaku sistem dinyatakan sebagai suatu persamaan aljabar. Dalam rangkaian arus bolak-balik (AC), variabel sistem akan bergantung-waktu, yakni, kuantitas-kuantitas skalar dan tidak bergantung pada koordinat ruang. Sedangkan perilaku dari sistem diatur oleh persamaan diferensial biasa.Sebaliknya, didalam Elektromagnetik (EM) kebanyakan variabel adalah fungsi dari waktu maupun ruang.Persamaannya banyak melibatkan besaran vektor sehingga perlu aljabar dan kalkulus vektor. Elektromagnetika (EM) pada dasarnya adalah studi tentang muatan-muatan listrik, baik yang diam maupun yang bergerak. Muatan positif maupun muatan negatif adalah sumber dari medan listrik. 
    Muatan yang bergerak menghasilkan arus listrik yang kemudian menimbulkan medan magnetik.Medan pada dasarnya merupakan distribusi spasial (misalnya φ(x,y,z) atau A(x,y,z) dari suatu kuantitas, yang bisa jadi juga merupakan fungsi waktu (dan bisa pula bukan fungsi waktu, misalnya dalam kasus medan gravitasi). Medan listrik yang berubah-waktu akan membangkitkan medan magnet, dan begitu pula sebaliknya. Jadi, medan listrik dan medan magnet yang berubah-waktu bersifat ter-kopel. Secara grafis, medan vektor dinyatakan sebagai garis fluks yang berupa sekumpulan anak panah.
    Saat-saat penting berkaitan dengan sejarah EM adalah pada waktu Maxwell merumuskan persamaannya pada tahun 1870.Pada tahun 1940-an, selamaperang dunia ke-2, EM diterapkan pada bidang militer.Pada tahun 1960 ditemukan gejala electromagnetic pulse (EMP), yakni pulsa EM berkekuatan tinggi yang mampu merusak peralatan elektronika.EMP dapat dihasilkan oleh ledakan nuklir atau peralatan yang khusus dedesain untuk memancarkan EMP.
ELEKTROMAGNETIK ELEKTROMAGNETIK Reviewed by Sastra Project on December 26, 2012 Rating: 5
Powered by Blogger.