Science Project: Membuat Stetoskop Sederhana

Halo Sob,,, Hari yang cerah untuk update posting. Kali ini saya akan share cara membuat stetoskop sederhana. Tahukah sobat apa itu stetoskop? Stetoskop menunjukkan bagaimana gelombang suara dapat melakukan perjalanan melalui ruang tertutup. Fenomena sains ini akan kita aplikasikan untuk menciptakan stetoskop buatan. Sebelumnya kita bahas dulu apa itu stetoskop. Stetoskop sangat familiar bagi para dokter. Stetoskop Bagaikan alat tulis bagi pelajar atau Helm bagi kontraktor. Stetoskop diciptakan pada tahun 1816 oleh dokter Perancis dan penemu René-Théophile-Hyacinthe Laennec. Idenya datang ke Laennec ketika ia menyaksikan anak-anak bermain dengan sepotong kayu panjang yang ditransmisikan suara pin menggaruk permukaan.
Setelah melakukan pengamatan, hari berikutnya ia menggulung selembar kertas ke dalam bentuk corong. Dia kemudian menggunakannya untuk mendengarkan dada pasiennya. Menemukan corong diperkuat suara dari dada pasien nya, Laennec (yang memiliki latar belakang dalam pertukangan) membuat silinder kayu25cm dengan dilubangi selebar 2,5 cm. Silinder ini menggantikan tabung kertas digulung sebagai perangkat untuk mendengarkan dada pasiennya. Ia kemudian memodifikasi perangkat tersebut dengan bagian yang bisa dilepas. Dia dinotasikan berbagai suara dia mendengar dengan stetoskop primitif dan menghubungkannya dengan temuan anatomi pada otopsi pasien nya. Ia menerbitkan temuannya di tahun 1819 dan stetoskop, berasal dari kata Yunani "stethos" (artinya dada), lahir. Saat Laennec sakit-sakitan, ia mewariskan stetoskopnya sendiri untuk keponakannya, dan menyebutnya sebagai "warisan terbesar" dalam hidupnya.

okeee,,, sekarang mari kita coba membuat stetoskop. silakan siapkan bahan-bahan berikut:

2 Corong/cerobong (bahan bebas)
selang
gunting
tanah liat
Pena atau pensil
buku catatan

langkah kerja:

1. Gunakan gunting untuk memotong selang sekitar 16 inci panjangnya. Pastikan untuk memotong dari bagian tengah. Jika Anda mengalami kesulitan memotong selang dengan gunting, Anda mungkin perlu menggunakan pisau tajam atau silet. Seperti biasa, pastikan Anda memiliki bantuan orang dewasa saat memotong benda!
2. Tempatkan salah satu corong ke ujung selang. Jika ukuranya tidak cocok, eratkan dengan karet atau tali, atau gunakan beberapa tanah liat.
3. Ulangi langkah 2 dengan saluran lain di ujung lain dari selang.
4. Tempatkan salah satu ujung corong atas hati Anda dan ujung lainnya di telinga Anda. Apa yang Anda dengar? Hitung tingkat detak jantung Anda selama 30 detik dan catat dalam jurnal Anda.
5. lakukan beberapa olahraga ringan, berjalan disekitar, mengerahkan banyak energi selama sekitar 1 menit.
6. Gunakan stetoskop Anda lagi, dengan salah satu ujung atas hati dan salah satu ujungnya ke telinga Anda. Sekarang apa yang Anda dengar? Sekali lagi hitung tingkat denyut jantung Anda selama 30 detik dan catat dalam jurnal Anda.

Dapatkah Anda memikirkan bahan lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat stetoskop buatan? Apa tujuan lain, di luar mendengarkan detak jantung Anda, dapat Anda temukan pada stetoskop?

Stetoskop dapat mengukur tingkat jantung Anda dan membantu dalam menentukan berapa kali jantung Anda berdetak per menit. Stetoskop bekerja pada prinsip sederhana yaitu sebagai penguat suara yang membawa suara sepanjang selang ke telinga Anda 
Selamat Mencoba ^_^

Science Project: Membuat Stetoskop Sederhana Science Project: Membuat Stetoskop Sederhana Reviewed by Sastra Project on March 19, 2013 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.