Skip to main content

Contoh Laporan Praktikum Elektronika 1 - Penyearah dan Catu Daya

1. TUJUAN PERCOBAAN

Adapun tujuan dari kegiatan pratikum ini ialah:

1. Membuktikan diode sebagai penyearah setengah gelombang.
2. Membandingkan nilai VDC yang terukur oleh voltmeter dengan nilai VDC yang diperoleh pada osiloskop (teori) untuk penyearah setengah gelombang.
3. Membuktikan diode sebagai penyearah gelombang penuh.
4. Membandingkan nilai VDC yang terukur oleh voltmeter dengan nilai VDC yang diperoleh pada osiloskop (teori) untuk penyearah gelombang penuh.
5. Menjelaskan fungsi kapasitor sebagai penyaring.

2. ALAT DAN BAHAN

Adapun adalat dan bahan yang digunakan ialah:

1. Tahanan Geser
2. Osiloskop
3. 1 buah Multimeter
4. 1 buah Papan Rangkaian
5. Kabel penghubung secukupnya.
6. Dua buah dioda silicon
7. Satu buah transformator
8. 2 buah kapasitor (1000 dan 4700 )

3. DASAR TEORI

Diode adalah alat yang digunakan sebagai penyearah gelombang sehingga mendapatkan arus listrik yang disesuaikan. Sebagai penyearah tegangan, dioda digunakan untuk mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah(DC). Penyearah tegangan ini ada 2 macam, yaitu :

a. Penyearah setengah gelombang (half-wave rectifier)
b. Penyearah gelombang penuh (full-wave rectifier)

a. Penyearah setengah gelombang (half-wave rectifier)

Saat digunakan sebagai penyearah setengah gelombang, dioda menyearahkan tegangan AC yang berbentuk gelombang sinus menjadi tegangan DC hanya selama siklus positif tegangan AC saja. Sedangkan pada saat siklus negatifnya, dioda mengalami panjaran balik (reverse bias) sehingga tegangan beban (output) menjadi nol. 
Untuk lebih lengkap, silakan download makalahnya secara gratis pada link dibawah

 DOWNLOAD LAPORAN PRAKTIKUM ELEKTRONKA 1 - PENYEARAH DAN CATU DAYA ( Via Scribd)

*Cara download gratis di Scribd klik DI SINI >>

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Statistik dan Statistika

Kata statistik dan statistika sudah sering kita dengar di dalam kehidupan sehari-hari dan tanpa kita sadari telah menggunakannya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, misalkan pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu. Namun demikian kedua istilah ini memiliki pengertian yang berbeda. Dibawah ini merupakan penjabaran dari statistik dan statistika

Pengertian Statistik
Statistik bersal dari kata state yang artinya negara. Mengapa disebut negara, ini karena statistik ini dipergunakan untuk kepentingan-kepentingan negara saja. Seperti misalnya pengambilan data diberbagai bidang kehidupan dan penghidupan, sehingga lahirlah istilah stastistik, yang pemakaiannya disesuaikan dengan lingkup datanya. Kemudian istilah statistik terus berkembang seiring berjalannya waktu, kini statistik tidak hanya menyangkut kepentingan negara saja tetapi dapat digunakan untuk keperluan masyarakat, didalam aspek ilmu pengetahuan, dan didalam suatu penelitian atau…

Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping)

Masalah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipecahkan, sehingga siswa dalam proses pemecahan masalah tentu memerlukan suatu strategi yang tepat. Best (dalam Magno, 2011) menyatakan strategi merupakan sebuah metode yang memungkinkan penyediaan beberapa solusi dari suatu masalah dan memberikan beberapa informasi. Lebih lanjut, Wulandari (2011) menyatakan strategi merupakan pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapat tujuan yang telah digariskan.

Model-model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)

PKR adalah suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung arti bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang atau lebih dan menghadapi muruid-murid dengan kemampuan yang berbeda, dalam PKR seorang guru mengahadapi dua kelas atau lebih, satu kelas dengan dua atau beberapa kelompok murid yang berbeda kemampuannya, untukmembimbing belajar dalam satu mata pelajaran atau lebih pada jam yang sama. Oleh karena itu PKR dapat dikatakan sebagai pendekatan manajemen pembelajaran, PKR bukanlah suatu metode pembelajaran dalam penerapannya menuntut penggunaan berbagai metode dan teknik serta sumber pembelajaran. Berikut model-model pengelolaan pembelajaran kelas rangkap.