Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar

Sikap siswa terhadap mata pelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar mereka (Abbas et al., 2011). Sikap peserta didik dapat berpengaruh pada motivasi, minat, dan keberhasilan peserta didik itu sendiri. Namun hasil belajar banyak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor intern yang perlu diperhatikan dari pribadi individu itu sendiri. Faktor-faktor itu antara lain: 1) Intelegensi. Intelegensi tiap-tiap orang berbeda-beda, karena itu hasil belajar seseorang yang tak sama. Intelegensi adalah suatu kemampuan untuk mengadakan penyesuaian yang lebih baik terhadap situasi yang baru dari pengalaman yang lalu. Intelegensi juga merupakan kemampuan untuk berfikir secara abstrak. Berdasarkan uraian tersebut maka pengertian intelegensi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menghadapai suatu masalah yang timbul dari manusia dan berusaha bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.
 
2) Percaya Terhadap Diri Sendiri. Percaya terhadap diri sendiri hendaknya didasarkan pada apa yang dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Seorang peserta didik dan yakin akan kemampuan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dalam usaha belajarnya. 
 
Faktor selanjutnya yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor eksternal, yaitu antara lain: 
 
1) Lingkungan. Lingkungan adalah semua kondisi dalam lingkungan di sekeliling siswa yang dengan cara-cara tertentu dapat mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Peranan lingkungan dalam diri siswa perlu adanya kontrol bagaimana pengaruh dan akibatnya terhadap kemajuan hasil belajar yang didapat siswa. Apabila bersifat positif bisa ditanggapi akan tetapi apabila bersifat negatif harus dihindarkan.
 
2) Tingkat pendidikan orang tua. Peranan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anaknya. Peranan keluarga sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan. Oleh karena itu sejak timbulnya adat kemanusiaan hingga kini keluarga selalu mempengaruhi pertumbuhan budi pekerti tiap-tiap manusia. Jelaslah bahwa pendidikan berperan mengarahkan hidup manusia yang lebih baik dan kemungkinan besar dapat mempengaruhi pendidikan anaknya.
 
3) Pergaulan. Sebagai mahluk sosial tidak lepas dari manusia yang satu dengan manusia yang lain. Oleh karenanya seorang siswa memiliki teman dalam bergaul yang berperan dalam diri siswa yang berkaitan dengan belajar. Jika bergaul dengan seorang berpendidikan dapat menunjang suatu prestasi yang baik, tetapi sebaliknya jika bergaul dengan orang yang tidak berpendidikan mengakibatkan pengaruh yang kurang baik dalam pelajarannya.
 
4) Sarana Belajar. Sarana belajar merupakan peranan yang penting terhadap kemajuan belajar seorang siswa. Adanya kelengkapan belajar tersebut dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang akan dicapai siswa.
 
 
Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar Reviewed by Sastra Project on July 26, 2013 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.