Membuat Pengecasan Baterai Hand-Phone Dengan Menggunakan Aki (Accu)

Selamat pagi rekan- rekan, kali ini saya akan share alat yang sangat bermanfaat yaitu pengecasan baterai handphone dengan menggunakan aki. Alat ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, di mana sekarang hamper seluruh masyarakat Indonesia telah memiliki Hand Phone untuk berkomunikasi. Pengecasan atau biasa dikenal sebagai charged ini bisa dimanfaatkan jika listrik PLN padam ataupun saat bepergian jauh yang banyak menghabiskan waktu di kendaraan dan tidak sempat menginap. Selain itu alat ini juga sangat berguna bagi yang bepergian ke tempat yang masih belum ada listrik. Baik tanpa basa-basi lagi mari kita buat alatnya.

Adapun alat dan bahan yang digunakan, antara lain:
1.      Satu buah aki (Accu)
2.      Satu buah transistor D 313
3.      Dua buah kapasitor 0,47 μF
4.      Satu buah diode Zener
5.      Satu buah diode
6.      Satu buah resistor 330 Ω
7.      Papan rangkaian
8.      Kabel secukupnya
9.      Satu buah pendingin yang ditempel pada kapasitor
            10. Satu buah kabel charged hand phone bekas yang masih bisa digunakan

Penjelasan singkat komponen yang digunakan :

Aki
Accu merupakan salah satu contoh perubahan energi kimia menjadi energi listrik, di mana pada saat pengisian/cas/charge energi listrik diubah menjadi kimia dan saat pengeluaran/discharge energi kimia diubah menjadi energi listrik. Aki terdiri dari sel-sel dimana tiap sel memiliki tegangan sebesar 2 V, artinya aki motor yang memiliki tegangan 12 V terdiri dari 6 sel yang dipasang secara seri (12 V = 6 x 2 V). Antara satu sel dengan sel lainnya dipisahkan oleh dinding penyekat yang terdapat dalam bak baterai, artinya tiap ruang pada sel tidak berhubungan karena itu cairan elektrolit pada tiap sel juga tidak berhubungan (dinding pemisah antar sel tidak boleh ada yang bocor/merembes).

Di dalam satu sel terdapat susunan pelat pelat yaitu beberapa pelat untuk kutub positif (antar pelat dipisahkan oleh kayu, ebonit atau plastik, tergantung teknologi yang digunakan) dan beberapa pelat untuk kutub negatif. Bahan aktif dari plat positif terbuat dari oksida timah coklat (PbO2) sedangkan bahan aktif dari plat negatif ialah timah (Pb) berpori (seperti bunga karang).Pelat-pelat tersebut terendam oleh cairan elektrolit yaitu asam sulfat (H2SO4).

Transistor D 313
Transistor ditemukan pada tahun 1951 oleh Shockley yang menggantikan peran tabung hampa (vacuum tubes) karena peralatan yang menggunakan Catu daya yang sangat besar dan menimbulkan banyak panas. Transistor sebagai penguat arus yaitu transistor menguatkan arus yang lemah di mana dari salah satu komponen rangkaian elektronika itu memerlukan arus yang kuat. Transistor sebagai penguat berarti arus yang masuk akan diperkuat agar output yg dihasilkan menjadi lebih besar. Dalam alat ini digunakan transistor D 313

Kapasitor
Kapasitor atau kondensator adalah dua buah konduktor yang dipisahkan oleh bahan isolator atau dielektrik. Kondensator dapat menyimpan muatan listrik. Kemampuan untuk menyimpan muatan listrik disebut kapasitas kondensator.

Diode zener
Dioda Zener fungsinya adalah untuk menstabilkan tegangan. Pada saat disambungkan secara paralel dengan sebuah sumber tegangan yang berubah-ubah yang dipasang sehingga mencatu-balik, sebuah dioda zener akan bertingkah seperti sebuah kortsleting (hubungan singkat) saat tegangan mencapai tegangan rusak diode tersebut. Hasilnya, tegangan akan dibatasi sampai ke sebuah angka yang telah diketahui sebelumnya.

Diode
Dioda adalah suatu piranti elektronika aktif yang terdiri dari sambungan bahan semikonduktor P dan N, sehingga seringkali dioda disebut dengan dioda PN. Asal kata dioda ini adalah dari  Duo-Electroda yang berarti dua elektroda, yaitu elektroda Anoda yang berkutub positif dan elektroda Katoda yang berkutub negatif.

Resistor
Resistor yang dugunakan pada alat ini adalah memiliki resistansi 330 Ω. Resistor berfungsi sebagai hambatan dalam rangkain.

Adapun gambar rangkainnya adalah sebagai berikut:



Untuk Lebih Jelas cara pembuatannya silakan download file documennya (Ms. Word) pada tombol download dibawah. 



cara download:

1. klik link diatas, kemudian anda dialihkan ke halaman google drive, klik tombol ''tanda panah kebawah'' (ada dibagian atas) untuk mendownload file.

NB. jika tombol download belum terlihat, arahkan cursor mouse ke bagian atas halaman untuk memuculkan menu tombol download.


SILAKAN BAGIKAN ARTIKEL INI MELALUI

Membuat Pengecasan Baterai Hand-Phone Dengan Menggunakan Aki (Accu) Membuat Pengecasan Baterai Hand-Phone Dengan  Menggunakan Aki (Accu) Reviewed by Sastra Project on July 20, 2016 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.