Praktikum Penentuan Konstanta Planck Dengan Metode LED

Light emitting diode (LED) sering digunakan sebagai indikator perangkat elektonik dan sumber cahaya yang efisien. Dengan menggunakan LED, siswa dapat memahami konversi energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan mengukur dan membandingkan energi yang hilang dan frekuensi sinar yang dipancarkan oleh beberapa LED berwarna, kita dapat mengestimasi konstanta Planck yang merupakan sebuah konstanta fundamental dalam fisika modern. diode yang memiliki karakteristik memancarkan cahaya ketika dialiri arus listrik.


Konversi energi listrik menjadi energi cahaya terjadi diantara 2 material semikonduktor yang disebut p-n junction yang terdiri dari material tipe-p dan tipe-n. Perubahan energi yang terjadi. Sesuatu yang menarik tentang LED adalah dengan mengubah bahan penyususnnya maka LED tersebut akan memancarkan sinar dengan frekuensi yang berbeda, misalnya LED merah disusun atas bahan Gallium Arsenide (GaAs) konsentrasi phosphorus rendah akan menghasilkan sinar tampak monokromatik yang berwarna merah. Bagaimana langkah-langkah percobaan menentukan konstanta planck dengan metode LED? Untuk mengetahuinya silakan download langkah-langkah percobaanya pada link di bawah

Langkah-langkah Percobaan Konstanta Planck

cara download:
1. klik link diatas, kemudian anda dialihkan ke halaman google drive, klik tombol ''tanda panah kebawah'' (ada dibagian atas) untuk mendownload file.

NB. jika tombol download belum terlihat, arahkan cursor mouse ke bagian atas halaman untuk memuculkan menu tombol download.


SILAKAN BAGIKAN ARTIKEL INI MELALUI :
Praktikum Penentuan Konstanta Planck Dengan Metode LED Praktikum Penentuan Konstanta Planck Dengan Metode LED Reviewed by Sastra Project on July 16, 2016 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.