Science Project - Membuat Spektroskop Sederhana

Selamat pagi rekan-rekan, kali ini saya akan share cara membuat alat peraga dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar kita. Alat peraga yang dibuat adalah spektroskop sederhana, walaupun alat ini tidak bisa menghitung panjang gelombang tiap spektrum cahaya secara pasti, tetapi kita bisa melihat sebuah fenomena bahwa cahaya putih (polikromatik) itu ternyata tersusun atas gabungan cahaya monokromatik dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Baik langsung saja kita bahas bagaimana cara membuatnya.


1. Alat dan bahan
·           CD/DVD bekas
·           Kardus bekas
·           Silet
·           Plester
·           Karton
·           Alumunium foil
·           Gunting
·           Kater
·           Penggaris

2. Langkah Pembuatan Alat
1.         Buat lubang pada salah satu sisi kardus, misalkan pada sisi kanan kardus.
2.         Gulunglah karton membentuk silinder tanpa alas dengan panjang 20 cm. Kemudian masukkan ke dalam lubang pada kardus di atas. Ini akan menjadi tempat pengamatan kita.
3.         Buatlah lubang kecil pada bagian depan kardus dan tempatkan kedua silet. Ini akan menjadi slitnya.
4.         Letakkan CD/DVD di dalam kardus berseberangan dengan slit.
5.         Tutupi sekeliling kardus dengan alumunium foil dan plester agar cahaya tidak ada yang masuk. Satu-satunya cahaya yang mengenai CD/DVD ialah bersumber dari slit. 
6.         Alat tersebut akan terlihat seperti gambar di bawah ini



Cara Penggunaan Alat
Untuk menggunakan spektorskop ini, arahkan slit kepada sumber cahaya (lampu). Ketika cahaya polikromatik menuju slit, akan terjadi difraksi dan mengenai CD/DVD. Pada CD/DVD tersebut, cahaya polikromatik akan terlihat menjadi cahaya monokromatik dengan spektrum yang kontinyu.
Ini diakibatkan karena pada CD/DVD memiliki lintasan spiral. Pada tiap lintasan, jika dilihat dengan mikroskop akan terlihat seperti “lubang-lubang” (pit). Dan di antara “lubang-lubang” ini terdapat “dataran” (land). Baik “lubang-lubang” maupun “dataran” ditutupi oleh sebuah lapisan plastik transparan. “Lubang-lubang” pada CD/DVD ini akan menjadi kisi difraksi cahaya.
Spektrum kontinyu yang terlihat adalah hasil dari efek gabungan interferensi dan difraksi. Tiap celah akan menghasilkan difraksi, dan berkas-berkas difraksi pada gilirannya berinterferensi satu sama lain. Jika sinar putih kita arahkan kepada kisi, akan terjadi penguraian warna oleh kisi akibat panjang gelombang tiap-tiap komponen tidak sama.

SILAKAN BAGIKAN ARTIKEL INI MELALUI:

Science Project - Membuat Spektroskop Sederhana Science Project - Membuat Spektroskop Sederhana Reviewed by Sastra Project on August 20, 2016 Rating: 5

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.