Science Experiment: Struktur Terkuat Jembatan Berbahan Kertas

Halo sobat, sempet bingung memikirkan judul yang tepat untuk postingan kali ini agar judul mewakili makna postingan tapi tidak terlalu panjang. Akhirnya terpilihlah judul "Struktur Terkuat Jembatan  Berbahan Kertas". Seperti yang kita ketahui, kertas merupakan bahan yang tidak terlalu keras, jadi kalu digunakan sebagai bahan membuat jembatan bisa sobat bayangkan bagaimana kekuatannya? teentu saja terlihat mustahil. Tapi didunia sains, hal yang terlihat mustahil dapat dilakukan. bagaimanakah caranya? Untuk membangun jembatan kertas yang cukup kuat untuk mendukung beberapa "beban".

Struktur, seperti jembatan, adalah sesuatu yang dapat mendukung berat badan itu sendiri selain berat benda lain yang melawan gravitasi. Ada dua jenis kekuatan yang disediakan oleh berat yaitu kompresi dan ketegangan. Kompresi adalah kekuatan yang menyebabkan terdorong ke bawah dan pengetatan dari struktur. Ketegangan adalah kebalikan dari kompresi dan tarikannya menyebabkan peregangan struktur. Bentuk Segitiga mendukung keduanya yaitu kompresi dan ketegangan. Seperti kompresi mendorong ke bawah pada sisi segitiga, dan dasar segitiga menyebabkan ketegangan.

Bahan-bahan:
- Dua blok kayu
- kertas tulis
- Beberapa koin

Langkah kerja:
1. Tempatkan blok pada permukaan padat, seperti lantai atau meja. Tempatkan mereka sekitar 6 inci terpisah.
2. Buat jembatan kertas menggunakan salah satu lembar kertas. Anda dapat melipat jembatan cara apapun yang Anda suka! Tujuannya adalah untuk membuatnya cukup kuat untuk menahan beberapa koin "kendaraan".
3. Dengan jembatan Anda dilipat, letakkan di blok kayu sehingga bentang panjang jembatan merata.
4. Satu demi satu, tempat koin Anda "kendaraan" di tengah jembatan di "jalan" Anda. Jangan menempatkan koin di blok kayu.
5. Berapa banyak koin yang mampu ditampung sebelum runtuh?
6. ulangi langkah 2 hingga 5, kali ini melipat jembatan dengan cara yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menemukan lipatan terbaik dari jembatan sehingga akan mendukung paling banyak koin "kendaraan" sebelum runtuh.
7. Lipatan yang seperti apakah yang bisa menampung paling banyak koin "kendaraan"?

*catatan:
Jangan menempatkan setiap beban di ujung blok kayu untuk menahan jembatan tidak jatuh. Juga pastikan untuk tumpukan koin hanya ada di tengah jembatan.

Apa yang akan terjadi jika Anda memindahkan kayu balok saling menjauh atau mendekat? Apa bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk membentuk jembatan Anda?

Apakah Anda membuat sebuah jembatan dengan jalan bergelombang, mirip dengan lipatan kipas kertas? Jika demikian, Anda menciptakan sebuah jembatan yang sangat kokoh! lipatan membentuk pegunungan segitiga yang membentuk struktur terkuat karena semua sisi menanggung beban yang sama.
Selamat mencoba ^_^
Science Experiment: Struktur Terkuat Jembatan Berbahan Kertas Science Experiment: Struktur Terkuat Jembatan  Berbahan Kertas Reviewed by Sastra Project on March 10, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. postingan nya sangat bermanfaat mba, terimakasih mba

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.