Science Project: Membuat inklinometer

Halo Sobat,, kali ini saya akan bagikan info mengenai cara membuat inklinometer. Sudah tahu ap itu inklinometer?? Inklinometer merupakan sebuah perangkat yang akan menelusuri garis-garis medan magnet bumi. Sebuah inklinometer yang dikenal juga sebagai clinometer, alat pengukur kemiringan, dan pengukur gradien, adalah alat yang digunakan untuk mengukur sudut kemiringan, kemiringan, dan elevasi dalam kaitannya dengan gaya gravitasi. Inklinometer akan mengukur baik miring (atas lereng) dan penurunan (bawah lereng), perangkat ini digunakan dalam sejumlah bidang, seperti astronomi, survei, dan teknik.



Bahan-bahan:
- Bola Styrofoam Kecil (tersedia di setiap toko kerajinan atau perlengkapan)
- gantungan kawat
- gunting kawat
- jarum rajut
- kompas
- 2 gelas dengan ukuran yang sama
- busur derajat
- Kayu balok yang setidaknya beberapa inci lebih besar dari busur derajat
- magnet
- selotip


Langkah kerja:
1. potong kawat lurus dari gantungan kawat. cara Melakukannya dengan menjepit bagian kiri-bawah gantungan dengan gunting kawat, kemudian lakukan hal yang sama di sebelah kanan-bawah gantungan. .
2. tusukan kawat lurus tadi ke pusat bola styrofoam. bola harus berada ditengah-tengah kawat, panjang lengan kiri dan kanan kawat harus sama. Lihat Gambar dibawah.

3. Tusukan jarum dengan hati-hati melalui bola styrofoam pada sudut yang tegak lurus terhadap kawat.Jarum akan perlu ditempatkan sedikit di atas atau di bawah-pusat-pusat sehingga penyisipan itu tidak membentur kawat. lengan kiri dan kanan jarum harus sama panjang. Lihat Gambar dibawah.

4. Tempatkan gelas pada permukaan yang datar dan terpisah beberapa inci. Tempatkan kompas rakitan di atas gelas sehingga jarum kompas yang bertumpu pada masing-masing kaca. Lihat Gambar dibawah.

5. Sesuaikan gelas sehingga kawat yang menunjuk arah utara-selatan.
6. Sekarang saatnya untuk mengisi kawat dengan magnet. Gosok ujung kutub utara magnet beberapa kali di sisi utara dari kawat. Ujung utara gantungan akan menjadi terpolarisasi (dibebankan) sebagai jarum kompas utara.
7. Mengatur balok kayut pada permukaan yang datar. Gunakan selotip untuk menempelkan busur derajat ke balok kayu dalam posisi terbalik, sehingga tepi rata dari busur derajat menyentuh bagian atas balok kayu.
9. Pindahkan balok kayu, dengan ujung melengkung dari busur derajat menghadap ke bawah, antara gelas sehingga terletak di samping bola styrofoam.
10. Tunggu dan memungkinkan (jarum kompas) untuk menyelesaikan ke posisi. Perhatikan sudut saat bola berhenti.

Kemanakah arah jarum jika inklinometer Anda menhadap ke Kutub Utara? Bagaimana jika menghadap ke Kutub Selatan? Gaya magnet bumi menyebabkan sudut antara jarum magnet dengan gelas yaitu 45 derajat. Fenomena ini meniru fungsi dari suatu inklinometer. Jika Anda mengarahkanl kompas ke Kutub Utara, jarum akan mengacung ke atas.

*catatan:
Konfigurasi inklinometer bisa menjadi rumit untuk pertama kalinya. Jangan terburu-buru melalui proyek! Ikuti langkah-langkah hati-hati dan bersabarlah. Jika inklinometer pertama Anda tidak cukup berhasil, coba lagi sampai Anda bisa melakukannya dengan benar.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^_^

Science Project: Membuat inklinometer Science Project: Membuat inklinometer Reviewed by Sastra Project on March 09, 2013 Rating: 5

No comments:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.