Science Magic: Kekuatan Super Dari Kulit Telur

Substansi yang paling keras dan alami di bumi adalah berlian. Berlian ini terbuat dari lapisan karbon yang dipadatkan dan hanya dapat tergores oleh berlian lain. Berlian terbentuk oleh karbon yang terkena suhu tinggi dan tekanan selama jutaan tahun dibawah tanah. Kulit telur tentu tidak dapat dibandingkan dengan berlian, tetapi Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui betapa kuatnya mereka sebenarnya. Dalam percobaan ini kita akan mengeksplorasi kekuatan kulit telur dengan mengerahkan tekanan yang meningkat secara bertahap. seberapa berat beban yang dapat ditahan sebelum kulit telur retak? Mari kita bereskperiment!

Bahan-bahan:
- Dua telur dengan ukuran yang sama
- selotip
- gunting kuku
- Beberapa kaleng makanan besar
- Beberapa kaleng makanan kecil
- karton
- cangkir

Langkah kerja
1. Bungkus pertengahan setiap telur dengan menggunakan selotip. pastikan ujung selotip yang pertama kali ditempel tidak bertemu lagi dengan ujun selotip yang lain. dengan kata lain berikan jarak antara ujung selotip satu dengan ujung lainnya.
2. Hati-hati buatlah lubang kecil di kulit telur pada jarak yang telah diberikan ujung selotip satu dengan ujung selotip lainnya. Anda dapat melakukan ini dengan ujung tajam pada gunting kuku anda
3. Mengosongkan isi setiap telur ke dalam cangkir. Lakukan ini dengan menuangkan isi telur melalui lubang yang Anda buat.
4. Tempatkan ujung gunting kuku Anda di tengah lubang yang Anda buat. Potong sekitar pertengahan yang tipis ditutupi dengan selotip. Pisahkan bagian semua potongan bergerigi sampai halus dan rata. Anda akan memiliki 2 bagian per telur (4 bagian secara total) dengan ukuran yang sama. (CATATAN: Ini direkomendasikan untuk mencuci kulit telur Anda pada saat ini).
5. Tempatkan setengah-kulit telur pada permukaan yang datar keras (seperti meja atau lantai keramik), bentuk kubah pada sisi atas. Menempatkan mereka dalam pengaturan sehingga mereka berdekatan dan membuat persegi.
6. Potong persegi dari karton kaku Anda itu sekitar 1 inci lebih besar di semua sisi dari pembentukan telur Anda.
7. taruh karton berbentuk persegi di atas kulit telur yang sudah diatur sebelumnya.
8. taruh kaleng satu persatu secara bertahap
10. Ketika salah satu  telur retak, STOP! Ambil kaleng dari platform telur dan ukur berat total beban yang dapat ditampung.
*catatan
Ini disarankan Anda mengenakan sarung tangan lateks saat menyentuh telur, karena telur mentah dapat membahayakan kesehatan. Ini juga direkomendasikan bahwa Anda mencuci bagian dalam cangkang telur Anda setelah Anda memotong mereka.

Berat berapa banyak beban yang dapat ditahan telur? Apakah Anda pikir itu akan membuat perbedaan jika Anda menggunakan lebih banyak telur untuk platform Anda? Misalnya, 8 telur bukan 4. Apa warna telur yang Anda gunakan? Bagaimana jika Anda menggunakan telur dari warna yang berbeda (misalnya, putih sebagai lawan coklat). Apakah hasilnya sama?

Kekuatan telur adalah dalam bentuk kubah. Tidak ada satu titik kubah mendukung seluruh berat dari kaleng di atasnya. Berat menyebar sepanjang dinding melengkung ke basis yang luas, memungkinkan kulit telur untuk mendukung beban lebih berat. Prinsip-prinsip dalam demonstrasi ini sangat berharga bagi arsitek yang berusaha untuk merancang bangunan yang aman dan struktur yang harus mendukung ribuan ton berat. 
selamat mencoba ^_^
Science Magic: Kekuatan Super Dari Kulit Telur Science Magic: Kekuatan Super Dari Kulit Telur Reviewed by Sastra Project on March 10, 2013 Rating: 5

2 comments:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.