Model pembelajaran Number Head
Together merupakan suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada
aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai
sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas.
NHT pertama kali
dikenalkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1993. Number head together adalah bagian dari model pembelajaran
kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang
dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran dapat membantu siswa melaksanakan
tanggung jawab pribadinya dalam saling keterkaitan dengan rekan-rekan
kelompoknya, sehingga diharapkan setiap siswa dapat turut aktif dalam setiap
kegiatan dalam kelompoknya (Pietersz & Saragih, 2010).
Rahmi (2008) mengungkapkan bahwa model
pembelajaran NHT ini secara tidak langsung melatih siswa untuk saling berbagi
informasi, mendengarkan dengan cermat serta berbicara dengan penuh perhitungan,
sehingga siswa lebih produktif dalam pembelajaran. Secara umum terdapat 4
(empat) sintaks dalam model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) yang dipaparkan pada Tabel 2.1.
Ibrahim, et al. (2000) menguraikan
struktur-struktur dalam NHT dengan merincinya kedalam elemen-elemen sebagai
berikut.
1. Pelaku
(actors) misalnya individu, pasangan,
kelompok, guru dan kelas.2. Tindakan (action) misalnya mengecek, merespon, menggambarkan, bergiliran, pujian dan membaca dengan keras.
3. Penerima (recipien) misalnya anggota kelompok, guru dan kelas.
Tabel 1.
Tahapan dalam Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT)
Sintaks
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Penomoran
(numbering)
|
Ø Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3-5 orang dengan kemampuan yang
berbeda.
Ø Guru memberikan siswa nomor
sehingga tiap siswa dalam tim memiliki nomor yang berbeda.
|
Ø Siswa membagi diri menjadi
beberapa kelompok kecil.
Ø Siswa mengingat nomor yang
diberikan.
|
Pengajuan
pertanyaan (questioning)
|
Ø Guru mengajukan pertanyaan kepada
siswa.
|
Ø Siswa mendengarkan pertanyaan yang
disampaikan, dan mulai mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.
|
Berpikir
bersama
(heads together)
|
Ø Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk berdiskusi dalam kelompok, dan mengarahkan jalannya diskusi
kelompok.
|
Ø Siswa berpikir bersama untuk
menggambarkan dan meyakinkan bahwa setiap orang mengetahui jawaban tersebut.
|
Pemberian
jawaban (answering)
|
Ø Guru menyebutkan satu nomor secara
acak dan meminta siswa dengan nomor tersebut untuk menyebutkan jawaban dari
pertanyaan yang telah diberikan.
|
Ø Siswa dari tiap kelompok dengan
nomor yang sama mengangkat tangan dan mempersiapkan jawaban untuk seluruh
kelas
|
(Sumber: Rahmi, 2008)
Ciri khas lingkungan belajar yang
dimiliki model pembelajaran NHT adalah adanya sistem sosial yang hanya
menginginkan satu siswa mewakili kelompoknya, tetapi tanpa menginformasikan
sebelumnya kepada kelompok tersebut siapa yang akan menjadi wakilnya. Ciri khas
ini memastikan keterlibatan penuh seluruh siswa, sehingga dapat menambah
tanggung jawab perseorangan, dan pengertian siswa dalam diskusi kelompok
(Suprijono, 2009)
REFERENSI :
KLIK "Show" UNTUK MELIHAT REFERENSI
1. klik link diatas, kemudian anda dialihkan ke halaman google drive, klik tombol ''tanda panah kebawah'' (ada dibagian atas) untuk mendownload file.
NB. jika tombol download belum terlihat, arahkan cursor mouse ke bagian atas halaman untuk memuculkan menu tombol download.
SILAKAN BAGIKAN ARTIKEL INI MELALUI :
Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Reviewed by Sastra Project
on
July 25, 2016
Rating:
No comments:
Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini