Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Model pembelajaran Number Head Together merupakan suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas.

NHT pertama kali dikenalkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1993. Number head together adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran dapat membantu siswa melaksanakan tanggung jawab pribadinya dalam saling keterkaitan dengan rekan-rekan kelompoknya, sehingga diharapkan setiap siswa dapat turut aktif dalam setiap kegiatan dalam kelompoknya (Pietersz & Saragih, 2010).
Rahmi (2008) mengungkapkan bahwa model pembelajaran NHT ini secara tidak langsung melatih siswa untuk saling berbagi informasi, mendengarkan dengan cermat serta berbicara dengan penuh perhitungan, sehingga siswa lebih produktif dalam pembelajaran. Secara umum terdapat 4 (empat) sintaks dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dipaparkan pada Tabel 2.1.
Ibrahim, et al. (2000) menguraikan struktur-struktur dalam NHT dengan merincinya kedalam elemen-elemen sebagai berikut.
1. Pelaku (actors) misalnya individu, pasangan, kelompok, guru dan kelas.
2. Tindakan (action) misalnya mengecek, merespon, menggambarkan, bergiliran, pujian dan                   membaca dengan keras.
3. Penerima (recipien) misalnya anggota kelompok, guru dan kelas.


Tabel 1. Tahapan dalam Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Sintaks
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Penomoran (numbering)
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3-5 orang dengan kemampuan yang berbeda.
Ø Guru memberikan siswa nomor sehingga tiap siswa dalam tim memiliki nomor yang berbeda.
Ø Siswa membagi diri menjadi beberapa kelompok kecil.
Ø Siswa mengingat nomor yang diberikan.
Pengajuan pertanyaan (questioning)
Ø  Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.
Ø Siswa mendengarkan pertanyaan yang disampaikan, dan mulai mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.
Berpikir bersama
(heads together)
Ø  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok, dan mengarahkan jalannya diskusi kelompok.
Ø  Siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa setiap orang mengetahui jawaban tersebut.
Pemberian jawaban (answering)
Ø  Guru menyebutkan satu nomor secara acak dan meminta siswa dengan nomor tersebut untuk menyebutkan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan.
Ø Siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan mempersiapkan jawaban untuk seluruh kelas
(Sumber: Rahmi, 2008)
Ciri khas lingkungan belajar yang dimiliki model pembelajaran NHT adalah adanya sistem sosial yang hanya menginginkan satu siswa mewakili kelompoknya, tetapi tanpa menginformasikan sebelumnya kepada kelompok tersebut siapa yang akan menjadi wakilnya. Ciri khas ini memastikan keterlibatan penuh seluruh siswa, sehingga dapat menambah tanggung jawab perseorangan, dan pengertian siswa dalam diskusi kelompok (Suprijono, 2009)

REFERENSI :
KLIK "Show" UNTUK MELIHAT REFERENSI
Ibrahim. H. M., Rachmadiarti, F., Nur, M., & Ismono 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.

Rahmi. 2008. Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika. 89 (06/08), 0854-8986. http:// jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/ jurnal/89JUN088589.pdf.

Pietersz, F., & Saragih, H. 2010. Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap pencapaian matematika siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. 432-438, 978‐979‐98010‐6‐7. http://fkip.unai.edu/wp-content/uploads/prosiding-snf2010-ferry-hal-432.pdf.


cara download:
1. klik link diatas, kemudian anda dialihkan ke halaman google drive, klik tombol ''tanda panah kebawah'' (ada dibagian atas) untuk mendownload file.
NB. jika tombol download belum terlihat, arahkan cursor mouse ke bagian atas halaman untuk memuculkan menu tombol download.

SILAKAN BAGIKAN ARTIKEL INI MELALUI :
Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Reviewed by Sastra Project on July 25, 2016 Rating: 5

No comments:

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.