Model Pembelajaran Berbasis Web

Teknologi internet memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi apa saja dari mana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat. Informasi tersedia diberbagai pusat data diberbagai computer di dunia.
Selama computer-komputer tersebut saling berhubungan dalam jaringan internet, dapat kita akses dari mana saja. Mewujudkan pembelajaran berbasis web bukan sekedar meletakkan materi belajar pada web untuk kemudia diakses. Komputer web digunakan bukan hanya sebagai media alternative pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumentasi atau informasi. Web digunakan untuk mendapatkan sisi unggul yang tadi telah diungkap.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. “Through independent study, student become doers, as well as thinkers” (Cobine dalam Rusman, 2010). Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistic (Gordin et. al. dalam Rusman, 2010). Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:
1.      Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tamping yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2.      Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.
3.      Pembelajaran dapat memilih topic atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
4.      Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.
5.      Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
6.      Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga manarik siswa dan memungkinkan pihak berkepentingan (orangtua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proyek pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online.
Perkembangan/kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai Negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasukdi dalamnya untuk pendidikan/pembelajaran. Berbagai percobaan untuk mengembangkan perangkat lunak (program aplikasi) yang dapat menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan/pembelajaran terus dilakukan.
Pembelajaran berbasis web lebih menekankan pada internet yang merupakan jaringan global yang terdiri dari kumpulan dari jaringan-jaringan computer diseluruh dunia. Internet mempermudah para pemakainya untuk mendapatkan informasi-informasi di dunia cyber, lembaga-lembaga milik pemerintah dan institusi pendidikan dengan menggunakan komunikasi protocol yang terdapat pada computer, seperti Trantion Control Protocol (TCP) yaitu suatu protocol yang sanggup memungkinkan system apapun antar system jaringan konputer dapat berkomunikasi baik secara local maupun internasional.
Peranan internet dalam pendidikan sangat menguntungkan karena kemampuannya dalam mengolah data dengan jumlah yang sangat besar. Teknologi informasi sudah menjadi jaringan computer terbesar di dunia, yang dapat berfungsi dengan baik jika di dukung oleh perangkat computer dengan perangkat lunak yang baik, dan dengan guru yang terlatih baik. Menggunakan internet dengan segala fasilitasnya akan memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi untuk pendidikan yang secara langsung dapat meningkatkan pengetahuan siswa bagi keberhasilannya dalam belajar. Karena internet merupakan sumber informasi utama dan pengetahuan (Rusman, 2010). Melalui teknologi ini kita dapat melakukan diantaranya.
1.      Penelusuran dan pencarian bahan pustaka.
2.      Membangun Program Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) untuk memodelkan sebuah rencana pembelajaran.
3.      Memberikan kemudahan untuk mengakses apa yang disebut dengan virtual classroom ataupun virtual university.
4.      Pemasaran dan promosi hasil karya penelitian (Rusman, 2010).

Tabel 2.2. Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Web
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Pendahuluan

Menyampaikan standar kompetensi dan rencana pembelajaran, memberikan motivasi belajar kepada siswa.
Kegiatan Inti
  1. Seeking of Information
Pencarian informasi tentang materi fisika yang akan dipelajari dari berbagai sumber informasi yang tersedia baik di internet (online), buku, maupun penyampaian/pendemonstrasian fenomena empirik fisika melalui face to face di kelas.

  1. Acquisition of Information
Menginterpretasikan dan mengelaborasi informasi secara personal maupun komunal.




  1. Synthesizing of Knowledge
Merekonstruksi pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi bertolak dari hasil analisis, diskusi dan perumusan kesimpulan dari informasi yang diperoleh.

Guru memfasilitasi, membantu, dan mengawasi siswa dalam proses eksplorasi konsep sains, sehingga informasi yang diperoleh tetap relevan dengan topik yang sedang dibahas.




Membimbing siswa mengerjakan LKS, mendorong dan memfasilitasi siswa untuk mengkomunikasikan hasil interpretasi dan elaborasi ide-ide sains secara tatap muka maupun menggunakan fasilitas TIK (online), secara berkelompok maupun personal.

Membantu siswa mensintesis pengetahuan dalam struktur kognitifnya. Guru mendampingi siswa dalam mengkonstruksi/merekonstruksi konsep fisika melalui proses akomodasi dan asimilasi bertolak dari hasil analisis terhadap informasi yang diajarkan.
Kegiatan Penutup

Memberikan kesempatan untuk bertanya jika memiliki masalah mengenai materi yang sedang mereka pelajari, memberikan tes untuk mengetahui sejauh mana siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran, meminta beberapa siswa untuk menyampaikan simpulan, memberikan arahan kepada siswa untuk pelajaran selanjutnya, menutup kelas dan menyampaikan salam.
     (Diadaptasi dari Depdiknas, 2004)
Berdasarkan uraian di atas, maka jelaslah bahwa pembelajaran berbasis web memberikan manfaat, alternatif, serta inovasi baru terhadap proses pembelajaran.

REFERENSI:

KLIK "Show" UNTUK MELIHAT REFERENSI
Rusman. 2010. Model Pembelajaran Berbasis Web. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.



Model Pembelajaran Berbasis Web Model Pembelajaran Berbasis Web Reviewed by Sastra Project on September 05, 2016 Rating: 5

4 comments:

  1. nice info makasih sudah berbagi yah kak

    Elever

    ReplyDelete
  2. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160,000 women and men are utilizing a simple and SECRET "water hack" to lose 2 lbs every night while they sleep.

    It is simple and works on anybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Grab a glass and fill it with water half the way

    2) Now do this weight loss hack

    you'll be 2 lbs lighter as soon as tomorrow!

    ReplyDelete
  3. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini

Powered by Blogger.