Awal Mula Fisika Modern (Part I)

July 26, 2013
Tentunya ada beberapa orang yang masih bertanya-tanya tentang asal muasal dari fisika modern. Sebenarnya keberadaan fisika modern tersebut berawal dari ketidakmampuan dari teori fisika klasik untuk menjelaskan tentang fenomena-fenomena fisika modern. Seperti yang kita ketahui bahwa yang menjadi cikal bakal dari fisika modern adalah :
# Teori Relativitas Khusus dari Einstein
# Teori Kuantum dari Max Planck
 
Awal Mula Fisika Modern (Part I) Awal Mula Fisika Modern (Part I) Reviewed by Sastra Project on July 26, 2013 Rating: 5

Hubungan Pemahaman Konsep dengan Hasil Belajar

July 26, 2013
Proses belajar jika dipandang dari pendekatan kognitif bukan merupakan transfer informasi yang berlangsung satu arah dari luar ke dalam diri siswa, melainkan sebagai pemberian makna kepada pengalamannya melalui proses asimilasi dan akomodasi yang bermuara pada pengkontruksian pengetahuan. Proses asimilasi adalah proses kognitif dimana seseorang mengintegrasikan persepsi, konsep ataupun pengalaman baru ke dalam skema atau pola yang sudah ada dalam pikirannya. Asimilasi dipandang sebagai suatu proses kognitif yang menempatkan dan mengklasifikasikan kejadian atau rangsangan baru dalam skema yang telah ada. Sedangkan akomodasi dapat diartikan sebagai penciptaan skemata baru atau pengubahan skemata lama.
Hubungan Pemahaman Konsep dengan Hasil Belajar Hubungan Pemahaman Konsep dengan Hasil Belajar Reviewed by Sastra Project on July 26, 2013 Rating: 5

Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar

July 26, 2013
Sikap siswa terhadap mata pelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar mereka (Abbas et al., 2011). Sikap peserta didik dapat berpengaruh pada motivasi, minat, dan keberhasilan peserta didik itu sendiri. Namun hasil belajar banyak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor intern yang perlu diperhatikan dari pribadi individu itu sendiri. Faktor-faktor itu antara lain:
Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar Hubungan Sikap Siswa Terhadap Sains dengan Hasil Belajar Reviewed by Sastra Project on July 26, 2013 Rating: 5

Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping)

July 02, 2013
Masalah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipecahkan, sehingga siswa dalam proses pemecahan masalah tentu memerlukan suatu strategi yang tepat. Best (dalam Magno, 2011) menyatakan strategi merupakan sebuah metode yang memungkinkan penyediaan beberapa solusi dari suatu masalah dan memberikan beberapa informasi. Lebih lanjut, Wulandari (2011) menyatakan strategi merupakan pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapat tujuan yang telah digariskan.
Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) Reviewed by Sastra Project on July 02, 2013 Rating: 5

Teori Belajar Bermakna

July 02, 2013
Ausubel menyatakan bahwa belajar merupakan asimilasi bermakna, di mana ketika seorang siswa sedang belajar, materi yang dipelajarinya diasimilasikan dan dihubungkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Faktor motivasi dan pengalaman emosional sangat penting bagi siswa dalam kegiatan belajar, sebab tanpa motivasi dan keinginan yang kuat dari pebelajar, maka tidak akan terjadi asimilasi pengetahuan. Menurut Dahar (1989), belajar bermakna merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.
Teori Belajar Bermakna Teori Belajar Bermakna Reviewed by Sastra Project on July 02, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.